Dandim 1310/Bitung Lakukan Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila Desa Palaes-Minut

BITUNG-GoldenNews.co.id- Desa Palaes Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, dijadikan tempat Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila oleh Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi Gumay, M.Han., yang dihadiri kurang lebih 200 Orang, Selasa (4/10/2022).

 

Hadir dalam kegiatan itu, Sekcam Likupang Barat Liana Papia, S.E, Wakapolsek Likupang Ipda Tambunan, Plh. Danramil 1310-03/Likupang Peltu Alexander Budiman bersama Anggota Koramil, Hukum Tua Desa Palaes Ibu Jeny Greace Morong, S.Pd, Babinsa Desa Palaes Sertu Doni Tawera, Babinpotmar Serda Felix Tambengi, Kanit Provost Polsek Likupang Aiptu Adri, Perangkat Desa Palaes, Toko Agama, Toko Adat, Toko Pemuda, Ormas serta Siswa SD, SMP, dan SMA.

Tarian Masamper yang dibawakan oleh masyarakat sstempat menyambut kedatangan Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., saat tiba, dilanjutkan dengan Pengguntingan Pita oleh Dandim 1310/Bitung dan selanjutnya menuju ke Tempat Wisata Mangrove Desa Palaes dimana di adakan Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila.

 

Dalam sambutannya, Dandim 1310/Btg Mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Sekcam, Ibu Hukukm Tua, Wakapolsek, Danramil, Toko Agama, Toko Adat, Toko Pemuda dan kepada semua unsur yang sudah ikut mengambil bagian dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi suatu contoh yang baik bagi Desa-desa lain yang ada di wilayah Kabupaten Minut.

Baca juga:   Rosan Roeslani, Jerry Sambuaga dan Figur dari Berbagai Latar Belakang Buat TKN Prabowo-Gibran Kuat

“Terima kasih banyak atas antusias dari Masyarakat, yang sangat mensuport Desa Palaes dijadikan sebagai Kampung Pancasila, semoga kedepannya semua ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Dandim.

 

Lebih lanjut, Ia menyebutkan pembentukan Kampung Pancasila tersebut adalah ide dan petunjuk dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, untuk setiap Kodim atau setiap Kabupaten/Kota dan nanti dilanjutkan di Kecamatan ada Kampung Pancasila.

 

“Pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergeser oleh kemajuan jaman,” ucapnya.

 

“Kegiatan ini akan diupayakan disampaikan kepada Bapak Bupati Minut agar Desa Palaes bisa dibantu dari berbagai aspek dan bisa dijadikan salah satu contoh buat Desa-desa yang ada di Kab. Minut,” tambahnya.

Baca juga:   GMIM Betlehem Sidate Gelar Ibadah Pra natal kolom lV

 

Hukum Tua Desa Palaes, Ibu Jeny Greace Morong, S.Pd., mengucapkan terima kasih dan sangat bersemangat dengan adanya Kampung Pancasila ini. Dengan dilaksanakannya Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila harapannya dapat mencerminkan masyarakat yang menghayati nilai-nilai luhur Bangsa dan Negara dalam pengamalan Pancasila, dimana masyarakat saling menghormati, bergotong royong dan berbudaya.

 

“Berharap Kampung Pancasila ini sebagai contoh untuk desa-desa lain dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semangat masyarakat menghayati nilai-nilai luhur Bangsa dan Negara dalam pengamalan Pancasila, saling menghormati, bergotong royong dan berbudaya,” harapnya.

 

Diakhir kegiatan, Dandim 1310/Bitung bersama rombongan kemudian menuju tempat Wisata Pulau Paniki untuk melaksanakan peninjauan menggunakan perahu.

 

(**/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *