Luar Biasa dan Banyak Inovasi, Kabid SMP Grace Sondakh Gagas Aplikasi SIPDiP Bagi Guru

Manado,-Saat ini teknologi dan era digitalisasi sangat memudahkan tugas kerja di berbagai aspek.

Oleh karena itu Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado, Grace H R Sondakh SPd, MPd menginisiasi pembuatan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Digitalisasi atau yang disebut SIPDiP.

Berbagai manfaat dan kemudahan nantinya dapat dirasakan para guru di Kota Manado dengan adanya aplikasi multi manfaat ini.

Salah satunya lebih memudahkan proses verifikasi dokumen pencairan sertifikasi guru.

“Selama ini para guru bisa bolak balik sampai beberapa kali ke kantor dinas (Dikbud) untuk memasukkan dokumen sertifikasi. Untuk itu lewat aplikasi yang sedang kami kembangkan ini, prosesnya dipermudah. Mereka nantinya tinggal menggunduh 6 dokumen yang harus dilengkapi. Nanti akan terproses di sistem dan guru nanti akan menerima notifikasi (pemberitahuan) apakah berkas sudah sesuai atau ada berkas yang ditolak. Kalau ditolak maka tinggal memperbaiki dan mengunduh kembali berkas tersebut,” ungkap Sondakh, Jumat (28/10/2022) didampingi tim SIPDiP.

Baca juga:   Proses Pengolahan Bahan Makanan WBP Jadi Perhatian Khusus Rutan Manado

Selain itu, aplikasi ini juga akan memudahkan pengarsipan dokumen.

“Kita mengaktifkan pengarsipan paper less. Jadi berkas tidak lagi bertumpuk di Dinas (Dikbud), tapi berbasis digital sehingga dapat tertata dengan baik,” ujar Sondakh yang menjadikan SIPDiP sebagai inovasi dalam mengikuti Diklat PIM III.

Lebih jauh dia menjelaskan, aplikasi ini nantinya juga akan mempermudah pengarsipan data mutasi siswa. Juga dalam pelaporan dana BOS.

“Ini sementara kita kembangkan dan bila sudah rampung nantinya akan disosialisasikan kepada guru-guru,” ucap Kabid yang begitu banyak inovasi.

Dalam mengembangkan SiPDiP, Grace Sondakh berkolaborasi dengan para ahli di bidangnya yang adalah para guru di Kota Manado, yang disebut tim SIPDiP.

Baca juga:   Jems Tuuk Kritik Kinerja Kadis Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Provinsi Sulut

Penanggungjawab: Natalia Takalo, MTh

Ketua : Gladys Mangore, SPd

Sekretaris : Jerry Gerungan, SPd

Pemograman : Prapta Agung Pakekong, S.Pd

Bagian Jaringan: Gian Mandolang , SPd, Victor Lioew, S,Pd

Desain Grafis : Wiliam Poli, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *