Berikan Jam Komandan diKoramil 1310-01/Bitung, Ini Pesan Letkol Arm Yoki Efriandi M Han

GoldenNews.co.id, BITUNG — Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., memberikan Jam Komandan di Koramil 1310-01/Bitung, yang di ikuti seluruh anggota, bertempat di Makoramil 01/Bitung Kel. Bitung Tengah Kec. Maesa Kota Bitung, Kamis (03/11/2022).

Kunjungan Dandim 1310/Bitung di sambut Danramil 1310-01/Bitung Kapten Inf Fredrik Liwutang dan langsung menuju tempat pertemuan Koramil untuk memberikan beberapa arahan serta motivasi.

Dalam arahannya Dandim Letkol Arm Yoki Efriandi M.Han. menyampaikan, Berkaitan dengan pelaksanaan tugas, 6/8 wilayah di Kota Bitung merupakan tanggung jawab dari Koramil 01/Bitung. Dilihat dari luas wilayah yang menjadi binaan. Personel Babinsa belum bisa menkaver seluruh wilayah yang menjadi wilayah teritorial Koramil, apalagi ada Babinsa yang bekerja BP di Staf Makodim.

“Bagi Babinsa yang menduduki Dua Kelurahan agar Danramil mengatur kembali dan melaporkan kekurangan Babinsa sehingga setiap Babinsa hanya menduduki 1 Kelurahan atau wilayah binaan,” ujar Dandim.

Lanjutnya, Saya perintahkan Personel Koramil melaksanakan tugas di wilayah binaan dengan penuh rasa tanggung jawab, cek kondisi wilayah, cek perkembangan situasi di wilayah karena setiap permasalahan atau kejadian di wilayah, terlebih dahulu harus diketahui oleh Babinsa, sedangkan untuk anggota unit intel sifatnya hanya mendalami.

“Laporkan setiap perkembangan situasi dan kondisi pada kesempatan pertama secara herarki, dan lakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan serta tetap utamakan faktor keamanan,” tegas Dandim.

Baca juga:   Kuasa Hukum Keluarga Ludong Layangkan Surat Keberatan ke Kepala BPN/ATR Kota Bitung

Menurutnya, Permasalahan di wilayah agar cepat diantisipasi sebelum terjadi sara atau keributan yang meluas. Babinsa itu harus tahu dari yang tidak enak sampai yang enak yang terjadi di wilayah binaan harus diketahui karena intensitas Babinsa dengan masyarakat lebih tinggi.

“Sehingga selain kemampuan manajemen teritorial dan penguasaan wilayah harus dimengerti betul secara detail, kemampuan komunikasi sosial, berinteraksi dengan masyarakat, dengan bahasa yang dimengerti, maka pendekatan dengan masyarakat akan semakin erat dan kuat sehingga rakyat jadi sebuah kekuatan dalam menghadapi ancaman baik yang datangnya dari dalam maupun dari luar,” terangnya.

Berkaitan dengan kesehatan, Dandim meminta kepada anggota Koramil 01 Bitung agar menjaga kesehatan, atur pola makan dan main slot GOWD.

“Kesehatan dan membina kebugaran tubuh sangat penting, karena kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan modal utama kita semua dalam melaksanakan tugas kewilayahan agar berhasil,” ucap Dandim kepada para anggota.

Ia juga menghimbau untuk senantiasa mengelola ekonomi keluarga dengan sebaik-baiknya. Sebagai Prajurit harus dapat mengatur perekonomian dan keuangan keluarga dengan baik, dengan membiasakan cara hidup hemat serta sederhana. “Atur keuangan keluarga, atur pengeluaran, hindari perjudian. Jangan sampai besar pasak daripada tiang,” tutur Dandim.

Baca juga:   Jerry Support dan Semangati Pelaku Usaha di Bitung untuk Terus Berkembang

Dandim juga meminta untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan istri dan seluruh anggota keluarga utamanya anak-anak. “Laksanakan komunikasi yang baik dalam keluarga dan jaga keharmonisan rumah tangga. Kalau tidak bisa menjadi suami yang baik, jadilah bapak yang baik,” imbuhnya.

Ia menekankan diakhir arahan, Babinsa agar antisipasi terjadinya bencana. Dihadapkan dengan perubahan cuaca, Dandim 1310/Bitung minta Babinsa jajaran Koramil 01 Bitung memantau perkembangan wilayahnya. Hal tersebut tentunya untuk meningkatkan ketanggapan segera apabila ada kejadian yang menonjol diwilayah.
“Dihadapkan dengan cuaca yang tidak menentu agar Babinsa bisa mengantisipasi dan mewaspadai dan memantau perkembangan perubahan cuaca di wilayah binaan masing-masing,” tandasnya.

Dandim menambahkan, Hati hati dalam berkendaraan, lengkapi perlengkapan dan administrasi kendaraan serta memeriksa kondisi dan kesiapan motor dinas maupun pribadi, baik secara fisik kendaraan maupun administrasinya, untuk memastikan kendaraan dinas maupun pribadi yang akan digunakan dalam mendukung operasional tugas anggota sehari-hari, agar selalu dalam kondisi terbaik dan siap digunakan kapan saja.

“Terima kasih atas pelaksanaan kegiatan hari ini, laksanakan tugas dengan baik serta jaga kesehatan,” tutup Dandim.

(fds)