Bupati dan Wakil Bupati Minut Dampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Resmikan Bendungan Kuwil

GoldenNews.co.id, Minahasa Utara — Bendungan Kuwil-Kawangkoan resmi beroperasi, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di dampingi Bupati Joune J.E.Ganda, S.E.,M.A.P., M.Si.M.M., dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung, S.H.,M.H., dalam sejumlah kunjungan kerja.

Kunjungan kerja Presiden RI tersebut dalam rangka Peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kamis (19/01/2023) di Desa Kuwil, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara dan sejumlah agenda penting lainya.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bendungan kuwil kawangkoan ini memiliki luas 156 Hektar serta daya tampung mencapai 26 juta meter kubik diharapkan dapat mengurangi banjir yang sering terjadi di kota Manado.

“Bendungan ini yang bisa nanti untuk pembangkit listrik, kemudian mengurangi banjir yang ada utamanya di Manado dan juga untuk pertanian,” ujarnya.

Baca juga:   JPKP Warning BKAD Minut Terkait Dugaan Penyimpangan DAK Fisik 2022 Pada Masa Kepemimpinan Bupati JG

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan dilatarbelakangi oleh peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Manado pada tahun 2014 yang lalu. Melalui bendungan tersebut, diharapkan potensi banjir di Kota Manado dan sekitarnya dapat direduksi dengan baik.

Selain meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Presiden RI Joko Widodo serta Menteri PUPR, Dr. (H.C.) Ir. H. M. Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D.; Gubernur Sulawesi Utara; Olly Dondokambey; Bupati Minahasa Utara Joune Ganda; dan wakil Bupati Kevin Lotulung juga berkunjung ke Hotel Marriott di desa paputungan, Kecamatan Likupang Barat.

(ADVETORIAL/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *