Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Raih Penghargaan UHC Tahun 2023

Minut, PEMERINTAHAN8533 Views

GoldenNews.co.id, Jakarta — Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Bupati Joune J E Ganda (JG) dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung (KWL) meraih Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023 dari Menteri Dalam Negeri Jenderal Muhamad Tito Karnavian bertempat di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan, Selasa (14/03/2023).

Bupati Joune Ganda menerima penghargaan bersama Gubernur Sulut dan lima (5) bupati/walikota diantaranya; Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu dan Kabupaten Minahasa).

Capaian ini menjadi salah satu wujud dan bentuk keberhasilan bagi masyarakat Kabupaten Minahasa Utara.

Berbicara kesehatan, ini tak lepas dari kerja keras Dinas Kesehatan Minut yang dinahkodai Kepala Dinas (Kadis) dr Stella Safitri.

Baca juga:   Malam Grand Final Pemilihan Utu/Keke Minut, Josua Martinus Barnabas Sambow Emban Tugas Utu Tahun 2023

Dinas Kesehatan Minut mengawal nasib masyarakat Minut ketika dihantam Pandemi Covid-19. Budaya mengajak masyrakat mengenal kebih dalam betapa pentingnya keaehatan dan selalu mengimbau masyrakat ikut program BPJS akhirnya berbuah manis.

Dalam setiap kegiatannya dokter cantik ini selalu dan selalu mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan program kesehatan semesta atau Universal health Coverage (UHC) yang digalang Badan Dunia WHO.

Diketahui, UHC ini menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

“Dalam Sidang WHO Executive Board ke 144 tahun 2019, telah disepakati WHO 13th General Program of Work untuk dicapai pada tahun 2023 oleh semua negara anggota WHO, termasuk Indonesia,” jelas dr Stella, Rabu (15/3)2023).

Baca juga:   HUT Kabupaten Minahasa Utara ke-19, DPRD dan Pemerintah Minut Gelar Rapat Paripurna

Sukses yang dicapai ini juga diyakininya berkat kesadaran masyrakat, betapa pentingnya kesehatan itu.

“Penghargaan yang diterima Pak Bupati kita tentu saja mengharumkan nama Kabupaten Minahasa Utara. Semoga seiring waktu berjalan, capaian ini bisa maksimal hingga 100%,” urai dia.

Satu hal juga ditambahkan dr Stella, dari 15 kabupaten-kota, batu dua kota (Manao dan Bitung) yang Non Cut-off, yaitu peserta yang diusulkan, bisa langsung di validasi datanya.
“Dan puji Tuhan Kabupaten Minahasa Utara adalah kabupaten pertama di sulut yang sudah Non Cut-Off.

(Fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *