Dihadiri Berbagai Kalangan, Lestari Sukses Gelar Seminar Pariwisata Berbasis Lingkungan dan Kebudayaan

Ekonomi, Manado561 Views

Manado, goldennews.co.id-Lembaga Strategis Pariwisata Republik Indonesia (LESTARI) menggelar seminar yang bertajuk Pariwisata Berbasis Lingkungan dan Kebudayaan, Sabtu (29/4/2023).  Acara yang diselenggarakan di salah satu restoran di kota Manado ini terbilang sukses.

“Peserta yang terdiri dari pelaku pariwisata, pegiat budaya dan generasi muda antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka aktif menyampaikan gagasan untuk pengembangan pariwisata di Sulut bersama dua narasumber yang berkompeten,” kata Ketua Panitia Hendra Runtunuwu kepada wartawan

Tampil sebagai narasumber yaitu prof. Dr. Ir. Winda Mingkid, M.Mar.Sc yang memberi materi soal lingkungan. Sementara Irjen (P) Dr. Ronny Sompie, SH. MH yang memberi materi soal kebudayaan. Kedua materi yang disampaikan menjadi bahan acuan dasar bagi para peserta yang hadir dalam perjalanan industri kepariwisataan, terutama soal lingkungan dan kebudayaan.

Baca juga:   Halaman Sekolah Memprihatinkan, SDN 69 Fokus Perbaikan Infrastruktur

Fransiska Rumagit selaku ketua Lestari Sulut dalam sambutannya menyampaikan program kerja Lestari kedepan serta meminta dukungan dari kedua narasumber dan partisipasi aktif seluruh stakeholder pariwisata di Sulawesi Utara.

Vicolina Pusung yang turut hadir juga mengapresiasi diselenggarakannya acara tersebut karena bisa memberi semangat baru serta ruang terbuka bagi para pemangku kepentingan khususnya masyarakat luas. Sementara aktivis lingkungan dan pariwisata Esly Matheos menyampaikan rasa senang apabila kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan bahkan oleh pihak swasta (asosiasi) seperti Lestari.

Acara seminar ini juga diberikan sertifikat peserta oleh kedua narasumber dan ketua panitia, di akhir acara sebelum makan malam dan hiburan Lestari Sulut juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada beberapa tokoh yang dinilai peduli dengan pariwisata, baik kedua narasumber, pimpinan ormas, wartawan, media berita, tour guide, dan pejabat eksekutif & legislatif.

Baca juga:   Rutan Manado Ikuti Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pemilu

Lestari pada salah satu sesi acara juga memberikan paket santunan untuk para lansia yang diberikan oleh panitia pelaksana. “Kami membuka ruang kepada semua yang ini memajukan pariwisata di Sulawesi Utara, “ ujar Ketua Lestari Manado, Marthenus Suryanta Tarigan. (*/yuk)

Oke Tonaas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *