Gelontoran Rp90-an Miliar dari Kemendag untuk Revitalisasi Pasar, Bukti Upaya Jerry Sambuaga buat Sulut

Manado, goldennews-Kabinet kerja Jokowi periode 2019-2104 diisi salah satu putra Sulawesi Utara (Sulut), Jerry Sambuaga. Ketua Balitbang DPP Partai Golkar itu dipercaya sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

Pilihan Jokowi itu tepat. Hanya selang beberapa bulan setelah dilantik, Ketua Umum DPP AMPI itu sudah berhasil meningkatkan ekspor Indonesia. Sampai saat ini terhitung neraca perdagangan Indonesia surplus 38 bulan berturut-turut.

Di sisi lain mantan Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta ini tak lupa dengan kampung halamannya. Tak hanya sebatas sumbangsih ide dan pemikiran, Jerry juga aktif berkomunikasi dengan pemerintah daerah (Pemda) di Sulut untuk kemudian mengupayakan bantuan yang dibutuhkan.

Merujuk data Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, selang  2020-2022, dana yang dikucurkan untuk daerah Nyiur Melambai kurang lebih Rp90-an miliar. Dana tersebut untuk revitalisasi dan perbaikan pasar di Sulut.

Baca juga:   Dandim 1310/Bitung Lakukan Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila Desa Palaes-Minut

Anggaran dari pusat itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana Tugas Pembantuan (TP). Adapun pasar rakyat yang dibantu melalui DAK sebanyak dua unit dengan anggaran Rp77.500.000.000.  Dua pasar yang dimaksud adalah Pasar Minanga di Kecamatan Tagulandang Utara, Kabupaten Sitaro. Anggaran yang diberikan tahun 2020 sebesar Rp2,5 miliar.

Kedua adalah Pasar Petualangan Bunaken Manado. Publik lebih mengenalnya sebagai pasar tematik. Dana yang dikucurkan di tahun 2022 berjumlah Rp75 miliar.

Sementara pasar rakyat dengan dana TP berjumlah empat unit. Dimulai dari Pasar Kampung Laine di Kabupaten Sangihe tahun 2020 sebesar Rp2,5 miliar, kemudian Pasar Malalayang Manado tahun 2020 dengan anggaran Rp3 miliar, Pasar Tumpaan di Minahasa Selatan tahun 2020 dengan anggaran Ro4 miliar dan terakhir Pasar Genggulang Kotamobagu tahun 2021 dengan anggaran Rp4 miliar. Total anggaran dari dana TP yang diberikan untuk pasar di Sulut sebesar Rp14 miliar.

Baca juga:   Sulut Punya Gubernur Hebat dan Wamendag Berkinerja Baik

“Di luar itu juga ada bantuan kurang lebih 50 gerobak buat pedagang di Kota Bitung. Anggarannya Rp1,5 miliar. Kebetulan saya ikut mengantar dan mendampingi Tim Kemendag menyerahkan gerobak tersebut ke Pemkot Bitung,” ujar Moris Polak, salah satu orang dekat Jerry Sambuaga kepada wartawan di Manado.

Kucuran dana dari Kemendag tersebut menurut sejumlah aktivis menjadi bukti kepedulian Jerry Sambuaga untuk kampung halamannya. “Kontribusi dan perhatian Jerry Sambuaga untuk Sulut tidak perlu diragukan. Ia pasti mengupayakan yang terbaik buat daerahnya,” kata Stenly Daniel Rahmis, Ketua Komunitas Pemuda Nusa Utara. (*/yuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *