Segera Beroperasi, Refindo Tawaris Bilang Pasar Tematik Jadi Kado Perayaan HUT RI untuk Warga Manado

Manado, goldennews-Pasar Tematik di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado akan segera beroperasi. Hadir dengan konsep tematik wisata, pasar ini merupakan salah satu amenitas baru pariwisata yang selain  sebagai pasar seni, juga tetap berfungsi sebagai pasar yang menjual kebutuhan pokok masyarakat.

Kehadiran Pasar Tematik dinanti banyak kalangan. Pegiat pariwisata Manado, Refindo Tawaris optimistis kehadiran Pasar Tematik atau yang juga dikenal dengan Pasar Petualangan Bunaken akan menjadi center point kepariwisataan super prioritas.

“Konsep pengembangannya berbabis pariwisata, Jadi Pasar Tematik mendukung kegiatan kepariwisataan. Saya dan pegiat pariwasata gembira dengan hadirnya Pasar Tematik. Selesai dan segera beroperasinya Pasar Tematik ini menjadi kado terindah buat warga Manado di momen perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78,” kata Indo Nyoa, sapaan akrab Refindo Tawaris kepada wartawan di Manado, Kamis  (17/8/2023).

Sebelas bangunan di Pasar Tematik ini akan digunakan untuk pengembangan UMKM dan jadi tempat transaksi pedagang dengan pembeli (Foto: dok MC/JS)

Pasar Tematik diketahui dapat menghubungkan kawasan ekonomi khusus  (KEK) Pariwisata Likupang. Pasar ini juga menghubungkan, Siladen, Manado tua, Bunaken dan Lihaga.

Sementara di bagian utara menghubungkan taman hutan raya. “Dari penjelasan Pak Hendrik Warokka selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pasar Tematik juga menghubungkan aktivitas ekonomi Kota Manado. Ada paragliding, sedangkan di Bahowo ada Jeti yang bisa dimanfaatkan untuk penyeberangan,” ucap pendiri Lembaga Strategis Pariwisata Kota Manado ini.

Kehadiran Pasar Tematik juga untuk berbagai pergelaran, pertunjukan  dan perdagangan. “Perdagangan dan pariwisata yang menyatu dalam satu titik sehingga Pasar Tematik akan menjadi suatu aktivitas perdagangan yang lengkap. Ini keren,” katanya.

Indo dan pegiat pariwasata Sulut menyampaikan terima kasih ke Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga yang mendorong dan menjaga anggaran pasar wisata ikonik ini sehingga bisa terwujud.  “Saya kebetulan mengikuti dari awal bagaimana Pemkot Manado melalui Kadis Perindag, Pak Hendrik Warokka dan Wamendag Jerry Sambuaga menggagas kemudian memperjuangkan Pasar Tematik. Di pusat, Wamendag Jerry mampu meyakinkan Menteri Perdagangan sehingga kucuran Rp75 miliar bisa turun,” Indo menguraikan.

Indo membenarkan pernyataan Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Investigasi Fabian Pascoal yang menyebut Sulut beruntung punya Wamendag Jerry Sambuaga. “Selain karena berkinerja terbaik dengan membawa neraca perdagangan surplus 38 bulan berturut-turut, Jerry sebagai orang Sulut tak lupa kampung kalamannya. Tak hanya anggaran Pasar Tematik yang dikawal, kegiatan dan kepentingan Sulut lainnya juga diperjuangkan,” kata Indo.

Ia mengajak semua kalangan untuk menjaga kelangsungkan Pasar Tematik ke depan. “Anggarannnya terbilang fantastis, Rp75 miliar. Setelah dibangun dan dioperasikan, maka tanggung jawab kita bersama untuk memperjuangkannya,” ujar  Indo pula. (*/yuk)