Rapatkan Barisan, Jerry Sambuaga dan Tiga Ketua Sayap Parpol Pendukung Prabowo Konsolidasi di Jakarta

POLITIK402 Views

Jakarta, goldennews Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Jerry Sambuaga menginisiasi pertemuan empat saya pemuda partai politik (Parpol) pendukung bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto. Kegiatan bertajuk silaturahmi itu sebagai tindak lanjut dari deklarasi dukungan Partai Golkar dan Partai Amanah Nasional (PAN) untuk pencalonan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Sebelumnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak awal menyampaikan komitmennya mendukung Prabowo. Dengan demikian sudah ada empat parpol pemilik kursi di parlemen yang mendukung Prabowo.

“Benar, silaturahmi empat sayap pemuda dari parpol pendukung Prabowo Subianto dipelopori Ketua Umum DPP AMPI. Pertemuan berlangsung penuh keakraban,” kata Bendahara Umum DPP AMPI Kevin Tandra saat dihubungi Kamis (17/8/2023) malam.

Jerry Sambuaga saat dikonfirmasi membenarkan adanya pertemuan empat sayap pemuda dari parpol pendukung Prabowo di Kebayoran Baru Jakarta, Rabu (16/8/2023).”Ketua-ketua umum kami sudah merajut dan sudah mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo. Kami pikir itu penting di level kepemudaan untuk meneruskan perjuangan dan juga komunikasi serta merajut silaturahmi yang selama ini sudah terbentuk,” ujar Jerry.

Bakal calon legislatif (Bacaleg) Golkar untuk DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sulut ini mengatakan seluruh seluruh barisan pemuda parpol pendukung Prabowo berharap pada tahun politik 2024 bisa berlangsung dengan kondusif.

“Kami berharap dari pemuda dan kepemudaan dari masing-masing partai politik di pemilu ke depan, khususnya pilpres dan pilkada berlangsung secara kondusif dan damai,” ujarnya.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Ketua Umum Tunas Indonesia Raya (Tidar) Gerindra Rahayu Saraswati, Ketum Garda Bangsa PKB Tommy Kurniawan, dan Ketum Barisan Muda PAN Sigit Purnomo alias Pasha Ungu.

Rajutan silaturahmi ini penting menurut Rahayu Saraswati karena saat ini pemilih di Indonesia didominasi oleh pemilih muda dari kalangan milenial (27—42 tahun) dan Gen Z (di bawah 26 tahun).

Ia mengajak pemuda untuk memanfaatkan hak suaranya pada Pilpres 2024 karena suara para generasi muda akan menentukan arah bangsa pada masa depan.

“Pemuda/pemudinya yang ada di sini sebenarnya sangat aktif dan mau memberikan contoh kalau mau menentukan masa depan seperti apa yang kami warisi. Kami harus ikut dalam pengambilan kebijakan itu,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Sayap Pemuda PKB Tommy Kurniawan berharap pertemuan sayap pemuda ini bisa memberikan pesan bahwa ada perwakilan pemuda yang akan membawa aspirasi kaum muda ke ranah politik nasional.

“Kami ingin anak-anak muda ini harus berpartisipasi dalam politik, saat ini indeks partisipasi anak-anak muda, Gen Z terutama, milenial itu sangat rendah sekali, mungkin karena masih mencari jati diri. Mereka masih belum terlalu perduli terhadap masa depan mereka, padahal ini penting,” ujarnya.

Di sisi lain dukungan terhadap Prabowo menurut Ketua Umum Barisan Muda PAN Sigit Purnomo sangat tepat mengingat Menteri Pertahanan Indonesia di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin itu dekat dengan pemuda. “Pak Prabowo dekat dengan anak muda. Pak Prabowo banyak sekali memberikan perhatian kegiatan kepemudaan, baik itu dunia jurnalisme maupun dunia kreatif, film, dan musik industri. Kami paham itu,” ujarnya.

Karena itu pria yang akrab disapa Pasha ini optimistis Prabowo menuai dukungan mayoritas di kalangan pemuda. “Kami siap mensupport, kami siap all-out mendukung perjuangan perjuangan Pak Prabowo di lapangan,” ujar Pasha.*** (*/yuk)