Diperkenalkan Wamendag Jerry Sambuaga ke Menteri-menteri ASEAN, Penggunaan QRIS Permudah UMKM Bertransaksi

Jakarta, goldennews-Metode pembayaran Digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sudah diperkenalkan Pemerintah Indonesia sejak 2022 lalu. Metode ini kembali dibeberkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga saat memimpin pertemuan konsultasi para Menteri Ekonomi ASEAN di Semarang.

Tak hanya memudahkan transaksi perdagangan, penggunaan QRIS ini juga menurut Jerry Sambuaga untuk meningkatkan nilai mata uang rupiah.

“Indonesia sudah bekerja sama dengan Thailand dalam implementasi penggunakan QRIS. Metode pembayaran QRIS ini akan dikembangkan ke negara-negara lain di ASEAN seperti Malaysia dan Singapura,” kata Jerr.

Dengan demikian, para wisatawan dari luar negeri nanti dapat membeli produk-produk Indonesia dan membayarnya dengan kode QRIS tanpa harus menukar mata uang mereka ke rupiah. Ini karena Bank Indonesia sudah bekerjasama dengan sejumlah bank sentral di negara-negara ASEAN.

“QRIS dapat langsung mengkonversi mata uang asing ke mata uang rupiah, dan begitu juga sebaliknya. Ini memudahkan semua yang bertransaksi,” ucapnya.

Politisi Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) ini mendorong pelaku UMKM dan kalangan pengusaha yang ingin memasarkan produknya ke negara-negara ASEAN untuk mengoptimalkan penggunaan QRIS. “Metode QRIS melancarkan transaksi pembayaran produk-produk UMKM di negara-negara ASEAN,” ujar Jerry lagi. (*/yuk)