Cemerlang di Pusat, Wamendag Jerry Sambuaga Angkat Nama Sulut di Level Nasional

Manado, goldennews-Kiprah Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI terbilang cemerlang. Politisi Golkar asal Sulawesi Utara (Sulut) sukses memaksimalkan ekspor Indonesia.

Ia memulai tugasnya dengan mempercepat penyelesaian perjanjian dagang internasional. Tugas itu diberikan langsung Presiden Jokowi.

Tak sampai satu tahun, Ketua Umum DPP AMPI ini sdah berhasil menyelesaikan tugas tersebut. Keberhasilan tersebut menuai apresiasi dari DPR RI.

“Kami apresiasi Pak Wamendag Jerry Sambuaga atas kerja kerasnya yang melampui target. Ia mampu menyelesaikan perundingan dagang internasional di tengah situasi pandemi dan tekanan negara-negara maju,” kata Evita Nursanti, personi Komisi VI DPR RI saat rapat dengar pendapat dengan Kementerian Perdagangan di gedung DPR RI, Kamis (26/8/2020) silam.

Jerry memang langsung tancap gas setelah dilantik sebagai Wamendag RI. Tak sampai satu tahun, ia sudah menyelesaikan perjanjian perdagangan internasional, di antaranya IA-CEPA, AHK-FTA, IJ-CEPA dan ASEAN Korea-FTA.

Perjanjian dagang internasonal ini menjadi instrumen penting untuk memperluas dan meningkatkan ekspor Indonesia. Dengan perjanjian dagang, baik bilateral maupun multilateral, para pelaku Indonesia bisa mengeskpor dengan potongan bea masuk bahkan nol persen.

Hasilnya positif. Neraca perdagangan Indonesia selalu surplus. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus perdagangan Indonesia stabil dengan angka rata-rata 3-4 miliar Amerika Serikat (AS) per bulan dan itu sudah berlangsung selama 38 bulan berturut-turut.

Baca juga:   Segera Beroperasi, Refindo Tawaris Bilang Pasar Tematik Jadi Kado Perayaan HUT RI untuk Warga Manado

Torehan tertinggi dicapai pada Desember 2022.  Ketika itu Indonesia surplus USD54,46 miliar. Mengacu data statistik pula, torehan di Desember 2022 itu adalah yang tertinggi sejak Indonesia merdeka.

Kinerja ciamik Jerry tersebut menurut Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH), Jonathan Parapak menginsipirasi dan memberi motivasi kalangan muda untuk berbuat yang terbaik bagi Indonesia. Di sisi lain Dekan FISIP Universitas Bung Karno (UBK) Franky Roring menilai keberhasilan tersebut membuktikan kapasitas dan kualitas Jerry Sambuaga.

“Di tengah krisis dunia dan tekanan negara-negara maju terhadap ekonomi Indonesia, Jerry bisa memainkan peran seperti yang diinginkan Presiden Jokowi dan tiga Menteri Perdagangan yang menjadi atasannya selama ia menjabat Wamendag RI. Ia tidak hanya memberikan yang terbaik untuk Kementerian Perdagangan, melainkan juga bagi rakyat dan bangsa ini,” kata Franky saat dihubungi Senin (28/8/2023).

Secara khusus, Franky menyebut prestasi Jerry di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin mengangkat cita Sulut. “Jerry Sambuaga adalah representasi warga Sulut di kabinet maju. Ia menunjukkan kualitas warga Sulut. Bahwa jika diberi kepercayaan, orang Sulut akan memberi yang terbaik untuk Indonesia. Ini poin yang memberi nilai plus untuk Sulut,” ujarnya.

Baca juga:   Jerry Sambuaga Harap PKB dan PAN Legowo Berikan Tiket ke Airlangga sebagai Cawapres Prabowo

Franky benar. Keberhasilan mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta itu sebagai wakil menteri perdagangan menjadi bukti kualitas Tou Kawanua.

“Teman saya di Jakarta bilang orang Sulut ternyata pintar hanya karena sering melihat Wamendag Jerry Sambuaga jadi narasumber di berbagai forum. Jerry sudah mengangkat nama Sulut. Terus terang bangga melihat kiprahnya yang cemerlang di pusat,” ungkap Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957 Sulut, Reynald Pangalila.

Atas dasar itu, Reynald dan kawan-kawan bersemangat saat mengetahui Jerry Sambuaga masuk dalam formasi bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI Partai Golkar dari Dapil Sulut. “Partai Golkar tepat memasukkan Jerry Sambuaga dalam formasi Bacaleg DPR RI. Sulut butuh sosok cerdas dan punya jejaring luas seperti Jerry Sambuaga,” kata Reynald.

Pengusaha muda ini menyampaikan komitmen Barisan Muda Kosgoro 1957 Sulut untuk berjuang bersama Jerry Sambuaga. “Sebagai Wamendag, Jerry sudah membawa 90-an miliar untuk pembangunan dan revitalisasi pasar di Sulut. Ia aset berharga Sulut di pusat. Kita butuh dia untuk memperjuangkan aspirasi Sulut di pusat,” ujar Reynald lagi. (*/yuk)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *