Gemilang di Kabinet Jokowi, Golkar Tepat Usung Jerry Sambuaga Kembali ke DPR RI

POLITIK551 Views

Manado, goldennews-Politisi Golkar Jerry Sambuaga menunjukkan kinerja ciamik sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag). Pria yang sebelumnya mengajar di Universitas Indonesia dan Universitas Pelita Harapan (UPH) itu sukses mempercepat perjanjian dagang internasional dengan beberapa negara dan membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 38 bulan berturut-turut.

Alumnus Colombia University, New York, Amerika Serikat dan doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia ini salah satu sosok berprestasi di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Kiprah Jerry di pusat tersebut membanggakan banyak kader Golkar di Sulut.

Mantan Ketua Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta itu dianggap berhasil memainkan perannya di tengah krisis dunia dan tekanan negara-negara maju terhadap perekonomian Indonesia.

“Jerry menjawab kepercayaan Jokowi dan tiga Menteri Perdagangan yang menjadi atasannya selama ia menjabat Wamendag RI dengan kinerja ciamik. Ia tidak hanya memberikan yang terbaik untuk Kemedang RI, melainkan juga bagi rakyat dan bangsa ini. Ia mengangkat citra Sulut di level nasional,” kata Ketua Barisan Muda Kosgoro 1957 Reynald Pangalila kepada wartawan di Manado, Jumat (1/9/2023).

Dengan performa meyakinkan di pusat, Reynald dan kawan-kawan bersemangat saat mengetahui Jerry masuk dalam formasi bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI Partai Golkar dari Dapil Sulut. Bahkan tak hanya Reynald Cs, puluhan ribu warga Nyiur Melambai antusias dan siap mendukung keterpilihan anggota dewan pakar pengurus pusat Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) itu di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Baca juga:   Fendy Ratulangi Maju DPRD Sulut, Warga Mintom Lega dan Bersyukur

Mereka menilai tepat pilihan DPP Golkar yang kembali mengusung sosok muda berprestasi itu  ke DPR RI. “Jerry Sambuaga salah satu kader terbaik dari Partai Golkar Sulut yang sudah teruji kemampuan dan integritasnya. Dia politisi muda yang paling bersinar saat ini di pusat. Jadi pilihan Golkar ini tepat dan kami siap mendukung,” kata Ketua Forum Diskusi Pemuda Minahasa (FDPM) Adri Muthalib.

Selain berkinerja baik di pemerintahan, Adri menyebut Ketua Umum DPP AMPI itu selalu menunjukkan perfoma meyakinkan setiap diundang sebagai narasumber di berbagai forum, baik nasional maupun internasional.

“Bergelar doktor dan memang cerdas, Jerry Sambuaga laris jadi narasumber di berbagai forum. Ia mengangkat nama baik Sulut di level nasional dan internasonal,” ujar Adri.

Mengingat kerja utama wakil rakyat pada tiga bidang yakni pengawasan, legislasi dan undang-undang, maka Adri menyebut perlu sosok yang punya kapasitas duduk di Senayan. “Parlemen itu dari Parler, Bahasa Prancis yang artinya bicara. Wakil rakyat digaji untuk bicara. Jadi jangan pilih yang hanya duduk diam,” Adri memaparkan.

Baca juga:   Natal Perayaan Sukacita, Jerry Sambuaga Bagikan Terang dan Cahaya kepada Sesama

Sulut menurut dia butuh sosok cerdas, piawai berdebat dan tak malu menitipkan atau memperjuangkan aspirasi warga Nyiur Melambai di berbagai kesempatan seperti Jerry Sambuaga. “Jerry itu aset Sulut di pusat. Kerugian bagi daerah Nyiur Melambai jika kehilangan dia di pusat,” ucapnya.

Pernyataan Adri tersebut dibenarkan Sterky Magansa asal Bitung. Iam engaku sering menyaksikan mantan anggota Paskibraka pusat itu tampil di televisi. “Ini menunjukkan kualitas Jerry, kualitas yang tidak dimiliki politisi lainnya. Politisi seperti inilah yang layak untuk didukung,” ujarnya.

Sterky juga masih ingat bagaimana dulu Jerry saat masih di anggota DPR RI seolah tak kehabisan energi memperjuangkan kepentingan orang banyak, khususnya warga Sulut di pusat.  Saat itu menurut Sterky, Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Purna Paskibraka Sulut ini all-out berdebat dan memperjuangkan agar RUU Pendidikan Keagamaan, pasal 69 dan 70 dihapus.

“Dua undang-undang yang mau mengatur sekolah minggu dan katekisasi itu memang harus dihapus, Ini membuktikan Bung Jerry Sambuaga peduli kepentingan konstituennya. Politisi dengan kemampuan seperti Jerry ini yang kita butuhkan,” kata Sterky lagi. (*/alc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *