Luar Biasa, Tim Akreditasi Puji Pengolahan IPAL di Rumah Sakit Umum Manado Medical Center

Manado, goldennews-Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) adalah suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses atau mengolah cairan sisa proses produksi pabrik / limbah cairan tersebut layak di buang ke lingkungan.

Setiap usaha apapun itu seperti tempat makan, rumah sakit dan sebagainya harus mempunyai IPAL yang baik.

Salah satu contoh rumah sakit umum (RSU) manado medical center (MMC), proses pengelolaan IPAL sangatlah baik dan teratur.

Mulai dari proses pengelolaan limbah. Proses pengelolaan limbah dimulai dari identifikasi, pemisahan, labeling, pengangkutan, penyimpanan hingga pembuangan/pemusnahan.

Bahkan ada beberapa tahap pihak MMC lakukan seperti Identifikasi jenis limbah. Secara umum limbah medis dibagi menjadi padat, cair, dan gas. Sedangkan kategori limbah medis padat terdiridari benda tajam, limbah infeksius, limbah patologi, limbah sitotoksik, limbah tabung bertekanan, limbah genotoksik, limbah farmasi, limbah dengan kandungan logam berat, limbah kimia, dan limbah radioaktif.

Baca juga:   Rutan Manado Kembali Terima Piagam Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Setelah itu pemisahan limbah dimulai pada awal limbah dihasilkan dengan memisahkan limbah sesuai dengan jenisnya. Tempatkan limbah sesuai dengan jenisnya.

Rumah sakit  MMC sendiri  memiliki  instalasi  pengolahan  limbah  cair  sendiri

Rumah sakit MMC juga mendapat pujian IPAL terbaik di Sulawesi Utara. Pujian ini datang dari tim akreditasi kementrian.(jil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *