Mantap! Tampil Kompak, Gabungan Ormas Adat-LSM dan Jerry Sambuaga Semangat Bangun Sulut

Jakarta, goldennews-Gabungan ormas adat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asal Sulawesi Utara (Sulut) tampil kompak bersama Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Dr Jerry Sambuaga. Kekompakan tersebut diperlihatkan saat alumnus S1 dan S2 perguruan tinggi ternama dari Amerika Serikat dan doktor ilmu politik termuda Universitas Indonenesia (UI) itu menerima Ishak Tambani dan kawan-kawan di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Senin (23/10/2023).

Mereka mengabadikan momen pertemuan itu dengan foto bersama.  Pimpinan ormas adat dan LSM serta Jerry Sambuaga kompak mengangkat dua jari. “Ada semangat untuk membangun Sulut dan Indonesia. Itu yang membuat kita kompak,” kata Ishak, Koordinator Gabungan Ormas Adat Sulut.

Pengusaha asal Minahasa Utara (Minut) ini menilai Jerry dalam kapasitasnya sebagai Wamendag RI sudah mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia. “Pak Wamendag Jerry sukses membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 40 bulan berturut-turut. Ini prestasi yang luar biasa,” ucap Ishak.

Gabungan ormas adat dan LSM foto bersama dengan Wamendag Jerry Sambuaga (Foto: dok IT/RP)

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban tersebut,  gabungan ormas adat menyampaikan apresiasi atas kinerja Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum DPP AMPI di Kementerian Perdagangan.  “Berprestasi di pusat, Pak Wamendag Jerry juga tak lupa kampung halamannya. Ia membawa hampir Rp100 miliar untuk perbaikan dan revitalisasi pasar di Sulut,” ujar Ketua LAMI Sulut, Indri Montolalu.

Baca juga:   1Tahun Pemekaran Wilayah Sonder, Panitia H2RG Serahkan 2 Unit Mobil Operational

Di momen pertemuan ini pula, pimpinan ormas adat dan LSM menyampaikan harapan mereka agar komoditas andalan Sulut seperti kopra, tuna, mujair, minyak kelapa dan lainnya menjangkau lebih banyak negara. Menariknya pimpinan ormas adat dan LSM juga ingin menjadi pelaku ekspor demi terus mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut dan Indonesia.

Mereka meminta pembinaan dan pendampingan dari Kemendag. “Kita ingin dibina, didampingi tim ahli untuk membina UMKM yang dirintis teman-teman gabungan ormas adat dan LSM. Misalnya cara pembuatan krepek, pengemasan, pemasaran dan lainnya,” kata Ishak yang menjadi moderator didampingi Ketua Barisan Muda Kosgoro Reynald Tuwaidan.

Ia dan rekan-rekannya bersyukur karena Jerry memberi respon positif. “Pak Jerry mendukung penuh jika teman-teman ormas adat dan LSM punya wadah dalam mengembangkan usaha. Ia menunggu proposal dari kami,” ujar Ishak.

Sejumlah pimpinan ormas adat dan LSM seperti John Hes Sumual, Marthin Waworuntu, Audy Wuisang, Arly Dondokambey, Johnson Wullur, Tenny Rumbayan, Pep Kembuan dan Stevy Sumampouw saat dihubungi wartawan usai pertemuan berharap makin banyak putra Sulut yang terakomodir di pemerintahan pusat.

Baca juga:   Jerry Sambuaga Pilihan Terbaik! Imba, Hes Sumual dan Puluhan Ribi Warga Sampaikan Dukungan

“Di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin hanya Pak Prabowo yang menjabat Menteri Pertahanan RI dan Pak Jerry Sambuaga sebagai Wamendag. Keduanya berprestas dan berkinerja baik. Di pemerintahan berikut semoga bertambah karena Sulut punya sejumlah figur berkualitas,”  ucap Hes.

Secara pribadi, Hes bahkan menyampaikan kerinduannya melihat tokoh berdarah Kawanua memimpin negeri ini. “Peluang itu cukup besar di Pilpres 2024,” kata Ketua DPW Ormas Manguni  Indonesia Sulut ini.

Dengan lebih banyak putra Sulut yang terakomodir di pusat, perhatian untuk daerah Nyiur Melambai menurut para pimpinan ormas dan LSM akan semakin besar. “Contoh Pak Wamendag Jerry Sambuaga yang membawa hampir Rp100 miliar untk revitalisasi pasar di Sulut, salah satunya Pasar Tematik Tongkaina, Bunaken,” ujar Ketua Umum Waraney Santiago Indonesia (WSI), Marthin Waworuntu. (*/yuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *