Dibawah Kepemimpinan Kepsek Olga Rory, SDN 58 Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka

Manado, goldennews-Kurikulum Merdeka yang mulai berlaku di tahun ajaran 2022-2023 kini sedang diterapkan secara bertahap di SD Negeri 58 Manado.

“Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam,” ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 58 Manado, Olga Rory, SPdK.

Olga menambahkan kalau sebagian besar orang tua siswa masih bingung dan bertanya-tanya tentang tujuan dari Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas 1, 2, 4 dan 5.

“Kurikulum Merdeka kontenya lebih optimal, agar para peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi,” jelasnya.

Lanjutnya, para guru juga memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat belajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Baca juga:   Temuan BPK 2.8 Miliar,INAKOR Sarankan Mendagri Ganti Pejabat Bupati Bolmong

“Ini adalah projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila, yang dikembangkan berdasarkan tema tertentu dan ditetapkan oleh pemerintah,” kata Rory, saat ditemui Kamis (2/11/2023).

Pada dasarnya kata Olga, kurikulum merdeka merupakan pengembangan dan penerapan dari kurikulum.

“Pengertian merdeka adalah suatu pendekatan yang dilakukan, agar siswa bisa memilih pelajaran yang diminati,”kata Rory.

Para guru juga lanjut Olga, berkolaborasi untuk menunjang kurikulum mereka, baik yang sudah senior dan junior harus kompak.

“Saya minta kepada guru agar selalu memberikan pembelajaran kepada murid yang menyenangkan agar para murid bisa belajar dengan asik dan nyaman,” kunci Rory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *