Keren! Ada Jerry Sambuaga, Sosok Visioner dan Berprestasi di Formasi Caleg DPR RI Partai Golkar

Manado, megamanado-Jerry Sambuaga dipastikan sebagai salah satu calon legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) pada pemilihan legislatif (pileg) 2024. Di daftar calon tetap (DCT) yang sudah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), politisi muda dengan rekam jejak gemilang itu memperkuat line-up Partai Golkar (PG).

Di formasi partai berlambang pohon beringin tersebut Jerry Sambuaga sebagai Caleg DPR RI Nomor Urut 2. Keberadaan Jerry dalam line-up PG disambut hangat ratusan ribu masyarakat daerah Nyiur Melambai.

“Saya senang ada Jerry untuk DPR RI. Ia pintar, berprestasi, berintegritas, bertanggungjawab dan berkomitmen. Jerry juga sudah berkontribusi nyata untuk Indonesia, termasuk Sulut dengan membawa hampir Rp100 miliar buat perbaikan dan revitalisasi pasar di daerah kita,” kata Terry Umboh, mantan pimpinan organisasi pengemudi angkutan darat di Manado  saat ditemui  Senin (4/11/2023).

Dari berbagai figur, Terry melihat Jerry paling menonjol. Tak heran menurut Terry, pria yang pernah mengajar di Univesitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) itu diperkenalkan khusus Ketua Umum PG Airlangga Hartarto sebagai sosok muda berprestasi kepada Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. “Saat pidato kebangsaan Gibran Rakabuming Raka, Jerry juga disapa khusus. Ketokohannya diakui di level nasional,” ujar Terry.

Baca juga:   Sudut Baca Guna Merangsang Siswa-siswi Gemar Membaca di SDN 20

Terry berpendapat kembalinya Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut itu ke DPR RI akan menguntungkan Sulut. “Ia visioner, pelobi ulung dan piawai berdebat. Di parlemen diperlukan sosok yang punya kemampuan mendebat agar suara Sulut terdengar dan aspirasi masyarakat tersampaikan,” kata Terry.

Pernyataan Terry tersebut dibenarkan Fahmi Sorongan, tokoh muda Minahasa Utara (Minut) asal Nain. “Bicara kualitas, maka Jerry Sambuaga orangnya. Ia laris manis jadi pembicara di forum nasional dan internasional. Suatu kebanggaan jika wakil kita di Senayan punya kualitas mumpuni seperti Jerry,” ucapnya.

Fahmi yakin Koordinator Golkar Under 40 itu bisa menjadi titian aspirasi masyarakat Sulut di DPR RI. Fahmi yakin karena Jerry punya pengalaman baik di legislatif maupun eksekutif.

Baca juga:   Perayaan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Wamendag Jerry Sambuaga Tampil Keren dengan Baju Adat Minahasa

“Jerry pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Kinerjanya sebagai wakil rakyat bagus sampai didapuk sebagai Legislator Terbaik Senayan 2019 oleh Forum Pemantau Parlemen,” katanya.

Di sisi lain sebagai eksekutif, salah satu Dewan Pakar DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) dan DPP GPPMP ini sukses menjawab kepercayaan yang diberikan Presiden Jokowi. “Sebagai wakil menteri perdagangan, Jerry bisa menyelesaikan perjanjian dagang internasional lebih cepat. Ia juga berhasil membawa neraca perdagangan Indonesia surplus selama 41 bulan berturut-turut. Jerry jaminan mutu,” ujarnya.

Atas berbagai pertimbangan tersebut, Fahmi dan banyak warga Sulut siap memperjuangkan keterpilihan mantan Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (IPPMJ) itu. “Ayo dukung figur terbaik, figur yang bisa membawa aspirasi dan mengangkat citra Sulut di DPR RI,” imbuh Fahmi. (*/yuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *