Pemilu 2024 Momennya Anak Muda, Jerry Sambuaga Ditunjuk Airlangga sebagai Ketua U-40 Partai Golkar

Jakarta, goldennews–Politisi muda asal Sulawesi Utara (Sulut), Jerry Sambuaga ditunjuk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi Ketua Under Fourty (U-40). Penunjukan secara resmi tersebut untuk mengawal komitmen Golkar dalam upaya memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi generasi muda ikut berkontestasi di Pemilu 2024.

Politisi dengan rekam jejak gemilang itu menjadi pengawal terdepan untuk misi khusus partai berlambang pohon beringin tersebut. “Saya menyambut baik tugas yang diberikan Ketua Umum Airlangga untuk menjadi Ketua U-40 Partai Golkar,” kata Jerry saat dihubungi Kamis  (9/11/2023).

Jerry Sambuaga (Foto: MCJS/ist)

Pria yang pernah mengajar di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini mengatakan pemilih muda akan mendominasi Pemilu 2024. Lantaran itu, Jerry akan bekerja keras memenangkan suara kaum milenial hingga Gen Z.

“Pemilu 2024 adalah momennya anak muda. 2024 adalah tahunnya anak muda. Saya bersama dengan kader-kader U-40 Golkar lainnya siap mengawal dan mendukung upaya partai untuk mendistribusikan kader-kader mudanya menempati posisi dan jabatan pemerintahan di Indonesia,” ujar Jerry.Sebelumnya, narasi U-40 pertama kali diperkenalkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar 21 Oktober 2023. Ketika itu Golkar menetapkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto.

“Di Partai Golkar itu ada namanya kader under fourty, yaitu kader-kader muda yang usianya di bawah 40 tahun. Rapimnas Partai Golkar kali ini sepakat untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden karena Partai Golkar komitmen untuk memperjuangkan anak-anak muda kita di berbagai posisi strategis baik eksekutif dan legislatif, di pusat maupun di daerah,” ujar Airlangga.

Saat syukuran HUT Golkar ke-59 yang dihadiri langsung Prabowo Subianto, Airlangga juga menyampaikan narasai U-40. “Pak Prabowo kemarin kami terima PSI, partai yang dipimpin oleh Mas Kaesang. Saat itu saya memperkenalkan anggota Partai Golkar under 40. Silakan under 40 berdiri,” kata Airlangga.

Menteri Koordinator Ekonomi itu kemudian memperkenalkan Jerry Sambuaga. “Nah pimpinan Golkar under 40 ini Mas Jerry Sambuaga. Ia juga menjabat Wakil Menteri Perdagangan di bawah 40 tahun,” ucap Airlangga.

Di struktur partai, Jerry salah satu Ketua DPP Golkar. Ia juga dipercaya memimpin DPP AMPI. Sementara di pemerintahan, alumnus S1 dan S2 perguruan tinggi ternama dari Amerika Serikat serta doktor politik termuda UI ini menjabat Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI.

Di usianya yang terbilang muda, Jerry sukses mengemban amanah yang dipercayakan kepadanya.  Anggota Dewan Pakar DPP KKK dan Wakil Ketua Dewan Pakar DPP GPPMP ini membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 41 bulan berturut-turut. Ia juga berhasil menyelesaikan sejumlah perdagangan internasional lebih cepat dari target yang diberikan Presiden Jokowi.

Karena kinerjanya yang gemilang, Golkar mendorong Jerry untuk maju DPR RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) itu maju dari Dapil Sulut(*/yuk).