Rutan Manado Laksanakan Edukasi dan Pencegahan Penyakit Menular

Uncategorized115 Views

Goldenews. Manado—Personil Medis Rutan Manado melalui Subseksi Pelayanan Tahanan, melaksanakan kegiatan edukasi dan pencegahan penyakit menular TB kepada WBP di Rutan Manado bertempat di aula Rutan Manado, Rabu (22/11). Menindaklanjuti tentang hasil screaning kesehatan serentak oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dengan melibat Dinas Kesehatan Kota Manado melalui Puskesmas Ranomuut. Tindak lanjutnya Rutan Manado melakukan edukasi dan penerapan pencegahan tentang Penyakit Menular TB.
Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Basil Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang tubuh manusia terutama pada paru-paru. Namun, ada organ tubuh lain yang juga dapat terserang penyakit TB yaitu tulang belakang, kelenjer getah bening, kulit, ginjal dan selaput otak. Tuberkulosis ditularkan melalui udara (melalui droplet atau percikan dahak), Oleh Karena itu pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan di Rutan Manado agar tetap terjaga kebersihannya.
Adapun kegiatan edukasi yang diberikan langsung oleh dokter Rutan Manado, dr Widya Sari Manullang itu juga menghimbau kepada suluruh WBP melakukan pencegahan dini terhadap diri sendiri dengan rajin berolahraga, menjemur kasur/tempat tidur, tidak merokok, menggunakan masker ketika mengalami gangguan kesehatan.

(Irv)