Christiann Pua dan Franky Sambur Beber Alasan Mengapa Jerry Sambuaga Layak Kembali ke DPR RI

(Sulut) yang bersinar di pusat. Dalam kapasitasnya Sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) di bawah kepimpinan Menteri Perdagangan, Jerry sukses membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 41 bulan berturut-turut. Ia juga berhasil menyelesaikan puluhan perjanjian dagang internasional lebih cepat dari waktu yang diberikan Presiden Jokowi.

Sementara di panggung politik, lulusan S1 Universitas San Fransisco, California dan S2 Universitas Columbia, New York ini adalah salah satu tumpuan Golkar dalam meraup suara kalangan milenial dan Gen Z. Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto mendapuk doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia (UI) ini sebagai Ketua Under Foury (U-40) Golkar.

Jerry juga salah satu Ketua DPP dan Ketua Balitbang Golkar. Tak hanya itu, politisi muda yang pernah diganjar sebagai legislator terbaik Senayan 2019 oleh Forum Pemantau Parlemen (FPP) ini sedang memangku tanggung jawab selaku Ketua Umum DPP AMPI.

Karier dan prestasinya yang cemerlang membuat mantan paskibraka nasional ini sering diundang menjadi narasumber di berbagai forum nasional dan internasional. Salah satu pimpinan penggalangan pemilih pemula Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran ini laris menjadi pembicara karena dianggap berkompeten.

“Jerry berkompeten karena terus mengupgrade diri. Ia anak muda yang mau belajar dan menjawab kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggung jawab,” ujar Christian ‘Eto’ Pua, mantan Ketua Kadin Sulut saat ditemui di Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Atas pertimbangan itu, Jerry menurut Eto layak diandalkan Golkar dan Sulut, baik sebagai eksekutif maupun legislatif di pusat. “Saya senang anak muda yang berwawasan luas, piawai berkomunikasi, santun dan rendah hati seperti Jerry,” ucap Wakil Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) ini.

Eto secara khusus menilai masuknya Jerry dalam formasi calon legislatif (Caleg) DPR RI Partai Golkar dari Dapil Sulut akan menguntungkan daerah Nyiur Melambai. “Ia pelobi ulung, pintar dan piawai berdebat. Di parlemen diperlukan sosok yang punya kemampuan mendebat agar suara Sulut terdengar dan aspirasi masyarakat tersampaikan,”  katanya.

Eto benar. Mantan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) ini memang terbiasa dan terlatih. Latar belakang sebagai dosen pada beberapa universitas ternama di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Pelita Harapan (UPH) ini banyak membantunya.

“Ia kaya ide. Gagasannya mudah dicerna. Satu lagi, Jerry selalu berargumen disertai data dan fakta,” ujar Franky Sambur, tokuh muda asal Langowan, Minahasa.

Dari berbagai figur, Franky berpendapat Jerry paling menonjol. “Tak heran bila Jerry diperkenalkan khusus Ketua Umum PG Airlangga Hartarto sebagai sosok muda berprestasi kepada Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto,”katanya.

Franky bangga atas pencapaian Jerry selama ini. “Sebagai putra Sulut, ia sudah berkontribusi dengan mengupayakan anggaran hampir Rp100 miliar buat perbaikan dan revitalisasi pasar di daerah Nyiur Melambai. Salah satunya pasar tematik di Tongkaina, Bunaken. Sudah tepat jika Golkar mendorong Jerry kembali ke DPR RI,” ucapnya.

Jerry dipastikan sebagai salah Caleg DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Di daftar calon tetap (DCT) yang sudah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), politisi muda dengan rekam jejak gemilang itu memperkuat line-up Golkar. Di formasi partai berlambang pohon beringin tersebut Jerry sebagai Caleg DPR RI Nomor Urut 2. (*/yuk)