Gelar P5, PAUD GMIM PNIEL Bahu Ciptakan Tempat Duduk dari Sampah Plastik

Manado,goldennews-Mengakhiri tahun 2023, PAUD GMIM Pniel Batu Kota menggelar kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Peelajar Pancasila) tahap 2.

Kepala Sekolah PAUD GMIM Pniel Batu Kota, Susan Samahati, S.Pd, saat dikonfirmasi Rabu (6/12/2023) mengatakan, kegiatan P5 berupa pembuatan tempat duduk terbuat dari sampah plastik dan kertas kertas yang tidak digunakan lagi.

“Anak didik mengumpulkan sampah sampah yang ada di rumah berupa botol mineral bekas kardus dan kertas bekas yang tidak dipakai lagi,” kata Kepsek yang murah senyum ini.

“Berkolaborasi dengan orang tua, anak didik mengisi kertas kertas bekas di dalam botol air mineral agar padat,” kata kepsek yang penuh inovasi.

Baca juga:   BPN Bolmut "Pandang Enteng" Hasil Putusan Mahkamah Agung RI Terhadap Perkara Dari Keluarga Amu Sabaja, Dkk

Beberapa botol lanjut wanita yang ramah ini, dihimpun jadi satu rumpun kemudian direkatkan menjadi satu, dibungkus dengan kardus sehingga menjadi tempat duduk yang kuat.

Samahati yang merupakan kepala sekolah penggerak angkatan 1 tahun 2021 ini mengatakan, kegiatan ini, selain melatih motorik anak didik, P5 ini juga memberikan pemahaman bahwa sampah juga bisa menjadi barang berguna ketika dikemas.

Sebelumnya, PAUD GMIM Pniel Batu Kota juga telah membuat Eco Enzyme dari sampah kulit buah buahan. P5 ini bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Unsrat dan Fresmart untuk penyediaan sampah kulit buah.

“Manfaat Eco Enzyme bisa untuk obat luar, pupuk tanaman/bunga atau mencuci toilet,” kata Susan Samahati.

Baca juga:   Salam Dua Jari Makin Tren, Ribuan Warga Minahasa Bersemangat Antar Jerry Sambuaga ke DPR RI

Dikatakan, kegiatan P5 diikuti 45 siswa PAUD GMIM Pniel Batu Kota bekerjasama dengan orang tua dan guru guru.

“Mereka dilibatkan mengumpulkan sampah di rumah kemudian dibawah ke.sekolah untuk.diolah bersama,”kunci kepsek yang enerjik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *