Jerry Support dan Semangati Pelaku Usaha di Bitung untuk Terus Berkembang

Bitung, emmctv-Sektor kewirausahaan memegang peran vital dalam mendukung perekonomian dan kesejahteraan daerah.  Penegasan tersebut disampaikan calon legisalatif (Caleg) DPR RI Nomor Urut 2 Partai Golkar dari Dapil Sulut, Dr Jerry Sambuaga saat bertemu dan berbincang bersama sejumlah pelaku usaha di Kota Bitung, belum lama ini.

Jerry empat tahun terakhir ini memang aktif mendorong pelaku usaha di seluruh Indonesia untuk terus berkreasi dan tidak menyerah keadaan. Bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jerry Sambuaga banyak melakukan pelatihan dan pendampingan baku pelaku usaha di sejumlah provinsi, termasuk di Sulawesi Utara.

Bahkan tak sekedar pendampingan, putra mantan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perumahan Rakyat Theo L. Sambuaga itu juga dan mendatangkan buyer dari luar negeri dan mencari pasar untuk produk-produk Indonesia di luar negeri.  September 2023 misalnya, Jerry dan tim Kemendag membawa buyer dari Malaysia untuk melihat hasil garapan produk-produk UMKM Sulut.

“Para pelaku usaha harus mendapatkan kemudahan, perlindungan, serta pemberdayaan sehingga dapat terus berkembang dan memajukan daerahnya. Saya percaya teman-teman pelaku usaha di Bitung memiliki daya saing dan siap mengambil peran dalam mendukung perekonomian dan kesejahteraan daerah,” kata Jerry.

Baca juga:   Prabowo-Gibran Nomor Urut 2, Kata Jerry Sambuaga Itu Angka Kemenangan, Perdamaian dan Rekonsiliasi

Di kesempatan tersebut, Ketua DPP Golkar dan Ketua Umum AMPI ini bersama para pelaku usaha Kota Cakalang membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menyongsong kemajuan sektor kewirausahaan di Sulut. Alumnus S1 San Fransisco University dan S2 Colombia University serta doktor ilmu politik termuda dari Universitas Indonesia (UI) ini juga mendorong para pelaku usaha untuk memaksimalkan pemanfaatan berbagai saluran perdagangan yang tersedia dalam meraih pasar yang lebih luas.

Jerry ingin produk-produk garapan pelaku usaha Kota Bitung dan daerah lain di Sulut bisa menjangkau pasar internasional.  Maka ia datang untuk menyemangati dan memberi support yang diperlukan dalam pengembangan usaha.

“Kita punya atase perdagangan atau Atdag dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di sejumlah negara. Lembaga perwakilan perdagangan ini mengemban tugas bukan hanya sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam kegiatan promosi, namun juga dalam kerjasama, fasilitasi perdagangan, pengamatan pasar, diplomasi, business intelligence serta penetrasi pasar untuk berbagai produk Indonesia,”  kata pria yang dalam kapasitasnya sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI sukses membawa neraca perdagangan Indonesia surplus 43 bulan berturut-turut.

Baca juga:   Pencalonan Jerry Sambuaga Kembali ke DPR RI Disambut dan Didukung Warga Kepulauan

Bukan kali ini saja Jerry dan timnya ke Bitung. Sebelumnya Jerry mengupayakan bantuan Rp1,5 miliar untuk memfasilitasi pengadaan puluhan gerobak dan bantuan buat pelaku UMKM di Kota Cakalang.

“Perhatian Pak Jerry untuk Bitung, termasuk buat pelaku usaha dan seluruh masyarakat sangat besar. Bangga punya figur muda, pintar, visioner dan peduli terhadap daerah serta kesejahteraan masyarakat,”  ucap salah satu pengusaha.

Para pelaku usaha menyatakan siap menopang kiprah Wakil Ketua MPO Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulut itu di pentas nasional.  “Pak Jerry aset berharga Sulut di level nasional. Kami topang upayanya untuk kembali ke DPR RI,” ujar pelaku usaha lainnya. (*/yuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *