Rutan Manado Dibekali Bimtek Perawatan, Kesehatan Dan Rehabilitasi

Uncategorized143 Views

Goldenews.co,Manado--Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado Widodo mengikuti pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perawatan, Kesehatan dan Rehabilitasi yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara melalui Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut bertemakan ‘’Peningkatan Kualitas Petugas Pemasyarakatan Dalam Memahami Kebutuhan Dasar, Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan di Lapas/Rutan/LPKA”.
Kakanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun membuka secara resmi hajatan yang berlangsung sejak Rabu, 21 Februari hingga Jumat, 23 Februari bertempat di Hotel Rogers Manado.

Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan pentingnya penyelenggaraan pelayanan prima untuk mereka yang sedang menjalani pidana atau ditahan dalam Lembaga pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak melalui layanan kesehatan. Meskipun melakukan kesalahan namun hak yang melekat pada setiap individu seperti kebutuhan dasar kesehatannya harus tetap dilindungi.


Dengan menghadirkan Narasumber dari Direktorat Waskesrehab, yang membahas terkait proses layanan makanan, implementasi standar kebutuhan dasar dan penyelenggaraan air untuk keperluan higien sanitasi di Lapas, Rutan dan LPKA. Saat sesi penyampaian materi oleh narasumber. Hajatan Bimtek ini diikuti oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Wahyono dan Tenaga Kesehatan Rutan Manado.
Kakanwil berharap kegiatan ini dapat menambah bekal ilmu bagi petugas kesehatan dalam melakukan peran tugas di Lapas/Rutan/LPKA. Turut hadir pada kegiatan para kepala divisi dan jajaran pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulut.

(Irv)